inti dari pancaslia

pancasila yang merukapakan dasar negara Indonesia adalah kumpulan dari nilai-nilai. pada masa orde baru, nilai pancasila cuma sebatas ditafsirkan sejumlah 36 butir. butir-butir tesebut biasa dikenal dengan sebutan P4. inilah yang menjadikan pancasila pada masa itu lebih terkesan sebagai ideologi tertutup yang penuh dokmatis.
pada perekembangannya pancaslia dipahami sudah lebih baik. pada tahun 1998, runtuhnya orde baru dan menjadi reformasi. masa tersebut menjadikan pancasila dipahami sebagai ideologi terbuka, meskipun sejak dahulu pancasila adalah ideologi terbuka. nilai-nilai pancasila boleh didiskusikan tanpa adanya doktrinasi. tetapi, semakin hari pancasila semakin tidak dikenal dan dipahami oleh generasi muda bangsa. contoh konkrit; silahkan tanyakan pada anak-anak sekolah tentang pancasila, dipastikan banyak sekali yang tidak hafal. apabila hal ini dibiarkan, pasti ideologi pancasila ini akan digantikan oleh ideologi da
ri “GOLONGAN KIRI”.
sebenarnya, pancasila yang digagas oleh para founding father itu tidaklah semacam ini. akan tetapi, karena yang menjadi inti dari pancasila adalah nilai “TOLERANSI dan GOTONG ROYONG”, maka untuk menghindari adanya primordialis sempit maka pancasila menjadi seperti sekarang ini.
hafalkan, pahami dan laksanakanlah pancasila sebagai suatu nilai dasar berbangsa dan bernegara.

PANCASILA
1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
3. PERSATUAN INDONESIA
4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWATAN/PERWAKILAN
5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s