PENGEMBANGAN ENERGI ALTERNATIF GEOTHERMAL DI INDONESIA

Trend konsumsi energi listrik di Indonesia kini semakin mengalami peningkatan seiring dengan kemajuan zaman. Hal tersebut memacu Indonesia untuk semakin banyak memproduksi energi listrik guna memenuhi kebutuhan listrik.
Kini, pengembangan energi panas bumi di Indonesia sudah mulai dilirik dan sudah mulai dikembangkan untuk memproduksi listrik. Karena harga bahan bakar minyak dan juga batubara yang biasanya digunakan sebagai penghasil listrik saat ini tinggal sedikit. Disamping itu pula, penggunaan minyak bumi dan batu bara sebagai sumber energi listrik sangat mengganggu keadaan udara (polusi) dengan meningkatkan kadar CO2 di udara disamping itu minyak bumi dan batu bara merupakan energi yang tidak terbarukan. Pengembangan energy panas bumi sebagai energi listrik juga dapat mengurangi emisi CO2 di udara.

Kita patut bersyukur karena selain energi fosil yang melimpah, kita juga memiliki potensi energi panas bumi yang cukup besar yakni sekitar 28.000 MW yang tersebar di sepanjang pulau Sumatera, Jawa, Bali, NTT, Maluku, dansebagian Kalimantan. Hal tersebut disebabkan posisi Indonesia yang berada pada jalur ring of fire. Dengan cadangan panas bumi yang mencapai sebesar 28.000 MW tersebut menjadikan Indonesia memiliki 40 % cadangan energi panas bumi dunia. Akan tetapi pemanfaatan dan pengembangan akan energ panas bumi masih belum maksimal dilakukan oleh pemerintah Indonesia (barusekitar 4 % dari total cadangan yang ada).Kita masih kalah dari filiphina yang telah memaksimalkan energi panas bumi sebagai penghasil energi listrik.
Panas bumi merupakan energi bersih yang terbarukan dan ramah lingkungan. Pemanfaatan energi panas bumi tidak menimbulkan emisi CO2 karena tidak perlu dilakukannya pembakaran. Selama kondisi geologi dan hidrologi terjaga keseimbangannya, pembentukan sumber energi panas bumi terkait dengan pembentukan magma gunung api pada ring of fire yang terus terjadi.
Pemanfaatan energi panas bumi ini memiliki peranan yang penting yakni mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil serta dapat membangun kemandirian energi local untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.
Indonesia memiliki banyak sekali hambatan dalam proses pemanfaatan dan energi panas bumi seperti contohnya ; letak sumber energi panas bumi yang berada di daerah pariwisata dan di daerah suaka margasatwa. Persoalan social-masyarakat juga menjadi salah satu menjadi penyebab terhambatnya pengembangan energi panas bumi terutama di daerah yang hanya memiliki sumber energi panas bumi. Adat istiadat dijadikan alasan bagi kebanyakan masyarakat untuk tidak mendukung pengmbangan energui panas bumi ini. Pengembangan panas bumi harus mendapatkan dukungan dari semua pihak terutama masyarakat yang berada di daerah yang memiliki potensi sumber energi panas bumi. Pemerintah Indonesia juga seharusnya turun tangan dalam membantu menyadarkan masyarakat akan seberapa berharganya energi panas bumi sebagai energi alternatif di Indonesia.
Potensi besar panas bumi yang dimiliki Indonesia merupakan tantangan bagi ilmuwan, akademisi, dan terutama pemerintah Indonesia untuk berani mengembangkan energy panas bumi sebagai sumber energi alternatif di masa mendatang. Karena tidak semua negara beruntung memiliki cadangan energi panas bumi apa lagi terbesar di dunia. Jangan sampai Indonesia yang memiliki cadangan panas bumi terbesar tidak bias memanfaatkan energi tersebut sehingga Indonesia terus menerus membakar minyak dan batubara yang terbatas dan mahal sebagaipenghasil energi listrik

referensi ;
http://cpchenko.blogspot.com/2012/06/pengembangan-energi-panas-bumi-di.html
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/07/18/18385193/Potensi.Panas.Bumi.Belum.Tergarap.
http://green.kompasiana.com/polusi/2012/07/14/geothermal-sebagai-alternatif-energi-terbarukan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s